Selasa, 19 Maret 2013

6 Cara Cepat Perbaiki Postur Duduk

Postur tubuh yang buruk bisa terjadi pada siapa saja. Banyak hal yang menyebabkannya, termasuk kebiasaan postur duduk yang tidak benar saat bekerja. Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan
Anda duduk berlama-lama, ada baiknya Anda memperhatikan postur duduk yang benar. Selain bermanfaat bagi aliran darah dan kesehatan, cara
duduk juga mempengaruhi postur tubuh serta penampilan Anda. Ingin memperbaiki postur duduk Anda dengan cepat? Perhatikan beberapa cara yang diberikan oleh Times of India ini.

1. Atur tempat duduk Anda berdasarkan letak monitor. Siku Anda harus setara dengan meja kerja, sehingga Anda tak akan terlalu membungkuk atau bersandar. Dengan begitu, Anda akan duduk dengan tegak di depan komputer dan menjaga bahu Anda tetap tegak.

2. Kursi biasanya memiliki sandaran yang harus Anda sesuaikan dengan posisi duduk Anda. Atur agar sandaran dapat menopang postur tubuh Anda dengan baik.

3. Sudut tekukan lengan yang ideal adalah 75 - 90 derajat saat Anda mengetik atau menulis di depan meja kerja.

4. Kaki Anda harus menjejak lurus ke lantai, tidak tertekuk atau bersilang. Lutut Anda harus menekuk sejajar dengan letak pinggang. Ini akan membuat berat badan Anda terdistribusi secara seimbang.

5. Jika Anda memiliki pinggul yang besar, maka akan sulit untuk melakukan postur ideal. Anda bisa menggunakan bantalan duduk untuk membantu Anda mendapatkan posisi duduk yang benar, sekaligus membuat punggung Anda nyaman.

6. Pastikan Anda tidak duduk terlalu lama saat bekerja. Berjalan atau berdirilah selama satu atau setengah jam sekali untuk meregangkan badan.

Sekarang, coba duduk dengan benar dan santai. Awalnya postur duduk yang benar mungkin sulit dilakukan.
Namun setelah terbiasa, Anda akan merasakan manfaatnya bagi postur tubuh Anda.

Sumber : Medeka.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar