Selasa, 19 Maret 2013

Kenali 7 Penyebab Postur Tubuh Buruk

Postur tubuh yang buruk tak bisa disepelekan. Tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan, postur yang buruk juga membuat Anda terlihat malas, kurang percaya diri, dan kurang bisa diandalkan. Yuk kenali tujuh penyebab postur tubuh buruk, seperti dilansir oleh Health Me Up (17/11) berikut ini.

1. Rasa sakit atau kecelakaan

Ketika salah satu bagian tubuh terasa sakit, misalkan karena kecelakaan, secara tak sadar kita akan menempatkannya dalam posisi yang berbeda. Jika ini terus berlanjut dalam waktu yang lama, posisi tersebut akan menjadi kebiasaan dan mempengaruhi postur tubuh.

2. Kurang nutrisi
Punggung dan tulang belakang membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kuat dan lurus. Jika kekurangan nutrisi dan vitamin, serta kalsium, bisa jadi pertumbuhan tulang belakang tidak sempurna dan menyebabkan postur tubuh yang salah.

3. Keturunan
Terkadang postur tubuh buruk juga disebabkan oleh faktor keturunan. Jika Anda memiliki keluarga dengan punggung bungkuk, bisa jadi Anda akan memiliki postur yang buruk. Meski begitu hal ini bisa diatasi dengan mencari bantuan profesional.

4. Berat badan berlebih
Memiliki berat badan berlebih adalah salah satu alasan Anda memiliki postur tubuh buruk. Banyak wanita dengan payudara besar yang memiliki postur tubuh buruk karena bagian dada menarik tubuh mereka ke depan. Orang dengan ekstra lemak di perut akan memiliki tulang belakang bagian bawah yang tertarik maju.

5. Kebiasaan
Postur tubuh buruk juga bisa terjadi karena kebiasaan seperti berjalan sambil menunduk, bahu yang tidak tegap, atau tidur dengan posisi yang tidak benar. Jika ini penyebabnya, Anda harus segera menghilangkan kebiasaan tersebut.

6. Pekerjaan
Pekerjaan juga bisa menyebabkan Anda memiliki postur tubuh buruk, terutama tubuh yang buruk. Orang yang seharian bekerja di meja dan komputer seringkali menjulurkan leher dan kepala mereka ke depan sehingga membuat tulang punggung tertarik dan menyebabkan postur yang buruk.

7. Gaya hidup dan fashion
Pakaian dan sepatu bisa sangat berpengaruh terhadap postur tubuh Anda, terutama bagi wanita. Misalkan sepatu yang memiliki hal tinggi, boots, celana jeans dengan potongan pinggang yang rendah dan ikat pinggang yang terlalu lebar. Ketika menggunakan pakaian, aksesoris, atau sepatu yang tidak nyaman, tubuh akan memiliki pusat gravitasi baru, sehingga mempengaruhi postur tubuh yang sudah benar.

Itulah tujuh hal yang bisa menyebabkan postur tubuh Anda buruk. Apa Anda melakukan salah satu di antaranya? Jika iya, segera hilangkan dan hindari sekarang juga!

Sumber : Merdeka.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar