Sabtu, 16 Februari 2013

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Memori Anak

Kebanyakan orang tua berasumsi bahwa belajar terus-menerus dapat meningkatkan memori anak. Akibatnya, anak dipaksa untuk terus belajar dan belajar. Tanpa mempertimbangkan apa yang sebetulnya dibutuhkan anak untuk bisa pintar. Belajar dalam kondisi tertekan hanya membuat anak semakin stres dan justru tidak membuahkan hasil apa-apa. Kemampuan memori dan kemampuan
kognitif pun akhirnya tak meningkat. Nah, berikut adalah tips meningkatkan kemampuan memori anak dengan cara yang menyenangkan, seperti dilansir Boldsky.

1. Belajar bahasa baru

Bahasa memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan memori otak. Belajar bahasa baru membuat anak belajar untuk beradaptasi pada hal-hal baru di sekitarnya dan juga memberikan latihan pada otak mereka. Cara ini juga efektif untuk menambah pengetahuan umum mereka tentang dunia.

2. Mind game

Dalam upaya memperkuat fungsi otak anak, permainan otak sangat penting untuk dilakukan. Permainan ini bukanlah sesuatu yang sulit namun dapat sedikit menantang bagi anak. Mind game atau permainan pikiran dianggap sebagai 'vitamin memori' karena dapat membantu meningkatkan memori dan meningkatkan kecepatan menghafal. Permainan ini membantu anak berpikir serta memproses informasi lebih cepat. Beberapa jenis permainan pikiran juda terlibat dalam peningkatan kemampuan menghafal urutan dan objek. Mengekspos otak anak untuk kegiatan seperti ini membantu anak untuk lebih percaya diri pada tugas-tugas memori seperti mengingat peristiwa-peristiwa penting.

3. Puzzle

Permainan ini akan melihatkan kemampuan otak anak. Orang tua bisa memilih beberapa permainan teka-teki seperti jigsaw untuk merangsang otak anak.

4. Kegiatan koordinasi

Kegiatan koordinasi adalah teknik terbaik untuk melatih otak anak Anda. Permainan, seperti bola basket atau sepak bola, dapat menantang anak untuk mengkoordinasikan otak dan anggota tubuh lain secara bersamaan. Terlepas dari permainan fisik, alat musik juga memiliki peranan penting dalam hal kegiatan koordinasi.

Kemampuan otak anak adalah sesuatu yang dimilikinya sejak lahir. Ingat, tidak ada anak yang bodoh, melainkan orang tua yang malas untuk melatih anaknya. Lakukan latihan ini setiap hari untuk melatih keterampilan anak.

merdeka.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar