Sabtu, 16 Februari 2013

Ungkap 6 Ciri-Ciri Bos Hebat

Sebuah penelitian mengungkapkan ciri seorang atasan yang bisa disebut sebagai bos yang hebat. Menurut Age, kedewasaan adalah kunci utama yang harus dimiliki oleh semua atasan hebat.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Haifa ini menemukan ciri-ciri pemimpin hebat dalam sosok eksekutif berusia 50-an yang masih mampu
melakukan tugas mereka dengan semangat, gairah, dan rasa percaya diri tinggi.

Para generasi muda juga tidak kalah. Dalam usia mereka yang tergolong muda, 20-an, para pemimpin yang dinamis selalu bisa ditemukan dalam perusahaan teknologi tinggi yang berkembang pesat atau di bidang periklanan.

Ciri pertama yang harus dimiliki oleh bos hebat adalah pemahaman terhadap organisasi dan tujuan perusahaan. Selain itu, mereka juga berkomitmen terhadap tujuan, mampu memiliki visi dan strategi, serta daftar target yang harus dikejar.

"Ciri kedua bos yang hebat adalah mampu membentuk kolaborasi tim yang hidup," jelas pemilik Team Leaders, James Adonis.

"Mereka mampu menunjukkan pada orang lain apa yang harus dilakukan dan memastikan lingkungan pekerjaan menjadi menyenangkan, meskipun dengan pekerjaan yang membosankan," tambahnya, seperti dilansir oleh Times of India (18/12).

Bos yang hebat tak akan membiarkan amarah, atau mood mempengaruhi pekerjaan, serta tak akan melampiaskannya pada pekerja. Mereka tidak akan membeda-bedakan peraturan antara karyawan satu dengan karyawan lainnya.

Ciri keempat, bos yang hebat sangat paham mengenai pentingnya pengakuan. Ketika salah seorang karyawan bekerja dengan sangat baik dan melakukan pencapaian besar, mereka tak akan segan memuji dan memberitahunya.

Kelima, atasan besar bersedia untuk selalu belajar dan terus belajar. Seperti pendidikan formal, mereka akan membuat jaringan dan menemukan orang-orang yang bisa membantu mereka meningkatkan kemampuan dan mengisi kekurangan.

Terakhir, atasan hebat akan beranggapan bahwa sebagian tugas mereka adalah membantu karyawan untuk bisa berkembang dan bekerja menjadi lebih baik. Mereka bersedia memberikan arahan dan bantuan.
Apakah Anda sudah menjadi atasan yang hebat?

merdeka.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar