Sabtu, 16 Februari 2013

7 Kebiasaan Yang Menurunkan Sistem Kekebalan

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah Anda dari infeksi berbagai penyakit. Menjaga tubuh agar tetap sehat tidak hanya dengan menggunakan pembersih tangan dan menghindari orang-orang yang sedang sakit, tetapi juga menghindari beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk kekebalan tubuh. Berikut adalah kebiasaan buruk yang menurunkan tingkat imunitas tubuh, seperti dilansir
Healthypro.org.

1. Sering merasa lelah

Kelelahan yang dialami akibat terlalu banyak pekerjaan atau kurang tidur bisa merugikan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan jumlah sel-sel pembunuh yang bertindak melawan kuman.

2. Suasana hati yang buruk

Suasana hati dapat mempengaruhi kekebalan tubuh. Misalnya saja, Anda sering bertengkar dengan pasangan, sehingga acapkali mengalami suasana hati yang berubah. Hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda dan membuat sel-sel pembunuh menjadi kurang aktif sehingga kekebalan tubuh akan menurun.

3. Terus menerus merasa tertekan

Stres akibat pekerjaan atau konflik dengan orang lain dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Kondisi stres yang ekstrem dapat mengakibatkan jumlah sel pembunuh alami menurun, sehingga Anda lebih mudah sakit.

4. Tidak berolahraga

Orang-orang yang tidak pernah berolahraga akan mengalami kelebihan berat badan. Pada akhirnya, itu akan mempengaruhi penurunan sistem kekebalan tubuh terhadap kuman dan penyakit.

5. Memiliki teman perokok

Rokok tidak hanya merugikan orang yang mengonsumsinya, tapi juga orang-orang disekitarnya karena asap dari rokok masih mengandung racun ketika masuk ke dalam tubuh. Asap rokok juga dapat memicu infeksi saluran pernapasan, serangan asma, memperburuk alergi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

6. Selalu mengonsumsi antibiotik

Antibiotik adalah obat yang memerlukan resep dokter, jika dikonsumsi sembarangan maka akan membuat infeksi yang lebih serius. Studi ini menemukan pasien yang sering minum antibiotik tertentu bisa mengurangi tingkat sitokin, hormon dari sistem kekebalan tubuh.

7. Terlalu serius

Peneliti menemukan emosi positif bisa mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel-sel kekebalan tertentu, tetapi jika seseorang terlalu serius dan jarang tertawa bisa memicu hormon stres yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya.

Perbanyak konsumsi makanan sehat dan olahraga rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Hindari pula kebiasaan buruk yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, terutama stres.

merdeka.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar