Sabtu, 16 Februari 2013

Tujuh Pekerjaan Potensial Dapat Gaji Tinggi

Setiap pekerja tentu berharap bisa kaya dari pekerjaannya. Namun hampir semua orang sepakat semakmur-makmurnya karyawan, tidak bisa melampaui bos alias sang pengusaha yang mempekerjakan mereka.

Rupanya pandangan itu mulai bisa direvisi. Tidak selamanya pekerja identik dengan gaji seadanya.
Jika anda memilih pekerjaan yang tepat,bisa jadi anda akan makmur walau masih merintis karir sekalipun.

Majalah Business Insider, Selasa (23/10), melansir kajian Universitas Stanford, Amerika Serikat, mengenai beberapa jenis pekerjaan yang berpotensi mendatangkan gaji besar sejak permulaan karir di negara-negara Barat.

Hasilnya, rata-rata pekerjaan itu menuntut kemampuan seseorang untuk mengerjakan pelbagai tugas dalam satu waktu. Bahkan, menurut salah satu anggota tim peneliti, Eyal Ophir, seseorang yang bisa mengurus satu proyek ke proyek yang berbeda dihargai sangat tinggi di negara manapun.

"Siapapun yang dapat secara efisien beralih mengerjakan pelbagai proyek akan dinilai sebagai aset berharga di industri manapun,"ujarnya.

Jika merasa bisa mengerjakan banyak hal yang berbeda-beda dalam satu waktu, barangkali beberapa pekerjaan berikut cocok bagi anda. Ini dia tujuh pekerjaan potensial dapat gaji tinggi:

1. Event Organizer

Jasa penyelenggara acara (event organizer/EO) saat ini semakin merambah segala bidang. Mulai dari acara pernikahan sampai penggalangan dana amal perusahaan, ramai-ramai menggunakan bantuan EO.

Semakin beragamnya urusan EO, tidak lagi identik dengan menyelenggarakan konser musik, membuat pekerjaan di bidang ini menjanjikan. Namun, tentu saja, menjadi bagian dari EO membutuhkan konsentrasi ekstra. Dari hal besar seperti anggaran sampai warna karpet dan dekorasi menjadi urusan anda.
Di Amerika, rata-rata pekerja EO bisa meraup USD 27.000 sampai USD 77.000

2. Pelayanan Konsumen

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi konsumen untuk memantau apa yang dirasakan pelanggan mengenai produk mereka. Saat ini, tugas semacam itu tidak bisa hanya dibebankan pada pegawai kehumasan.

Semakin banyak orang yang khusus ditugaskan memantau semua media, baik elektronik, cetak, sampai jejaring sosial di Internet untuk memantau keberadaan keluhan atau pertanyaan konsumen.

Orang semacam ini akan mengurus banyak hal, mulai dari menanggapi keluhan, surat pembaca, sampai penjelasan masalah sebuah produk ke media massa.

Untuk pekerjaan yang sangat kompleks dan berisiko mendatangkan stres itu, di negara-negara Barat seorang kepala divisi konsumen saban tahun berpeluang meraup gaji sebesar USD 31.000 sampai USD 95.000.

3. Sekretaris

Tidak bisa dipungkiri, pekerjaan ini sudah dikenal sejak lama dalam industri apapun. Namun peran sekretaris memang sulit digantikan.

Seorang sekretaris mengelola persoalan administratif sampai hal kecil seperti menu makan siang bos anda nanti.

Menjadi sekretaris berarti secara tidak langsung menjalankan roda perusahaan. Karena itulah, di Amerika, seorang sekretaris mendapat gaji membawa pulang USD 29.000 sampai USD 67.000.

4. Produser Televisi

Industri media yang terdepan masih televisi. Miliaran pemirsa menyaksikan layar kaca setiap saat. Di Barat, otak di balik acara yang sukses mendapat penghargaan yang besar.

Jika anda menyukai sebuah tayangan tertentu, bisa dibilang sang produser lah yang mendapat pujian. Sebuah acara sejak masih dalam konsep, sampai akhirnya bisa syuting di bawah arahan sang produser.

Pekerjaan seberat itu di Negeri Paman Sam biasanya diberi kompensasi gaji tinggi, mencapai USD 68.000.

5. Pengawas Pembangunan

Tugas anda mengawal pembangunan sebuah proyek infrastruktur agar lancar dari awal sampai akhir. Urusan anda tidak terbatas mengelola buruh, sampai menemui birokrasi dan mengatur arsitek maupun mandor.

Dengan taruhan yang besar, bayaran pengawas pembangunan di negara-negara Barat mencapai USD 50.000 sampai USD 150.000

6. Perawat

Saat ini pekerjaan perawat tidak bisa lagi dianggap pelayanan sosial semata. Seiring berkembangnya industri kesehatan, posisi perawat tidak kalah dari kebutuhan dokter. Di Tanah Air saja, pekerjaan perawat masih dicari.

Apalagi, tren kebutuhan perawat sekarang semakin melintasi batas-batas geografis. Warga Filipina dengan kemampuan yang bagus semakin banyak yang bekerja pelbagai rumah sakit di Amerika. Peluang ini tentu juga bisa diambil oleh tenaga medis asal Indonesia.

Sekadar informasi, rata-rata perawat di Negeri Paman Sam itu bisa mendapat gaji USD 44.000 sampai USD 95.000 dalam setahun, tergantung masa kerja.

7. Guru

Di Barat, kebutuhan guru pengganti sangat besar, lantaran semakin banyak sekolah dibangun padahal tenaga pengajar terbatas. Biasanya SMP dan SMA yang membutuhkan jasa pekerjaan seperti ini.

Tidak seperti di Indonesia, nasib guru honorer Amerika cukup lumayan. Bila anda mengajar sampai banyak kelas dalam setahun bisa didapatkan bayaran antara USD 35.000 sampai USD 81.000.

merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar