Sabtu, 16 Februari 2013

5 Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Mental

Masalah kesehatan mental menjadi salah satu penyakit yang sedang meraja lela di dunia. Tuntutan kerja yang tinggi dan perubahan gaya hidup yang cukup signifikan seringkali menyebabkan beberapa gejala penyakit mental yang berat. Namun, mengalami tanda-tanda depresi atau masalah kesehatan mental lainnya tidak serta-merta membuat seseorang dianggap gila. Untuk itu, berikut adalah
lima tips agar terhindar dari masalah kesehatan mental, seperti dilansir Boldsky.

1. Mengakui gejala tersebut

Sebagian besar dari mereka yang mengalami gejala depresi atau masalah mental seringkali enggan untuk mengakuinya kepada diri sendiri bahwa mereka memang menderita masalah penyakit mental. Dengan mengakui adanya gejala tersebut, Anda bisa mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

2. Mintalah bantuan

Setiap orang pasti butuh bantuan orang lain. Jadi, jika Anda melihat tanda-tanda depresi atau penyakit mental lainnya dalam perilaku Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan. Anda memerlukan nasihat dari seorang konselor ahli seperti psikiater, yang tahu apakah Anda benar-benar menderita masalah kesehatan mental.

3. Mencari sampai ke akar masalah

Tidak ada asap, kalau tidak ada api. Anda pasti punya alasan yang kuat mengapa Anda mengembangkan gejala penyakit mental. Nah, ini bisa menjadi landasan menentukan sumber masalah dan solusi untuk menghadapinya.

4. Jangan mencari jalan pintas

Jangan pergi ke dokter hanya untuk mendapatkan resep obat tidur. Pil tidur hanya akan memberikan ketenangan untuk sesaat. Namun, ini tentu bukan jalan pintas untuk mendapatkan ketenangan batin.

5. Keluarga

Keluarga adalah sumber kekuatan yang membuat Anda tegar menghadapi masalah. Maka, jangan pernah mengabaikan keluarga di saat Anda sedang senang karena merekalah yang nantinya membantu Anda menghadapi semua masalah.

Semua orang tentu punya masalah sendiri-sendiri. Jadi, jangan pernah menyesali hidup Anda dan berhenti untuk memperjuangkannya.

merdeka.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar